INTELLIGENCE ARTIFICIAL Wikipedia Bahasa Indonesia
INTELLIGENCE
ARTIFICIAL

Manfaat kecerdasan
buatan
Banyak implementasi kecerdasan buatan dalam bidang komputer, antara lain
adalah Decision Support System (Sistem Pendukung Keputusan), Robotic, Natural
Language (Bahasa Alami), Neural Network (Jaringan Saraf) dan lain-lain. Berikut
adalah manfaat dari kecerdasan buatan, yaitu:
· Memberikan
penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang.
· Masyarakat
awam non-pakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa
kehadiran langsung seorang pakar.
· Meningkatkan
produktivitas kerja, yaitu bertambah efisiensi pekerjaan tertentu serta hasil
solusi kerja.
· Penghematan
waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.
· Memungkinkan
penggabungan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk
dikombinasikan.
· Pengetahuan
dari seorang pakar dapat didokumentasikan tanpa ada batas waktu.
Dampak positif dan negatif kecerdasan buatan
Dampak Positif Kecerdasan Buatan
· Pada
bidang Industri penerapan Artificial Intelligence dapat membantu meningkatkan
keamanan pegawai, karena aktivitas-aktivitas yang berbahaya dapat digantikan
oleh mesin,sebagai
Contoh : Penggunaan mesin pendeteksi suhu pembakaran tembaga,minyak bumi
dll.
· Pada
bidang Kesehatan, penerapan arificial intelligence sangat membantu tenaga medis
untuk mendiagnosis penyakit yang dialami oleh pasien melalui gejala-gejala yang
dialaminya, bahkan dapat juga meyediakan jenis obat yang cocok untuk pasienya.
Contoh : Program Pendetekesi penyakit jantung koroner (penelitian
dilakukan dengan meneliti detak jantung pasien)
· Pada
bidang Perbankan, penerapan artificial intelligence dapat digunakan untuk
mengontrol laju inflasi maupun deflasi dari keungan negara, sebagai.
Contoh : Pembuatan mesin pendeteksi uang palsu dll.
· AI
dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dunia nyata, seperti pencarian,
optimasi, klasifikasi, peramalan,dsb.
Dampak Negatif Kecerdasan Buatan
· Dengan
mudah melakukan transaksi di Internet akan memfasilitasi juga menyebabkan
transaksi yang dilarang sebagai selundupan transaksi atau transaksi narkoba.
· Hal
ini sering terjadi adalah pembobolan sebuah lembaga atau rekening perorangan
yang mengakibatkan kerugian finansial yang besar.
· Dengan
kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan banyak kasus
penipuan dalam perdagangan online.
· Perlawanan
Membeli online. Untuk orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online,
akan merasa canggung ketika mereka harus bertransaksi tanpa tatap muka atau
melihat penjual. Belum lagi rasa takut jika pembayaran tidak dikirim atau tidak
diterima. Atau barang tidak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tidak
diterima.
· Kekekrasan
dan Gore. Kekejaman dan kesadisan juga ditampilkan dalam dunia bisnis internet.
Karena segi bisnis dan isi di internet tidak terbatas, maka para pemilik situs
menggunakan segala macam cara untuk dapat menjual situs mereka, salah satunya dengan
menunjukkan hal-hal yang tabu.
· Carding.
Karena sifatnya yang langsung (real time), bagaimana menggunakan belanja kartu
kredit Anda adalah yang paling banyak digunakan di dunia internet. Internetpun
kebanyakan penjahat melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang
terbuka, para penjahat mampu mendeteksi keberadaan transaksi (menggunakan kartu
kredit) secara online dan mencatat kode kartu yang digunakan. Selanjutnya
mereka menggunakan daptkan data mereka untuk melakukan kejahatan.
Contoh penerapan
kecerdasan buatan
Natural Language Processing (NLP)


NLP mempelajari bagaimana
bahasa alami itu diolah sedemikian hingga user dapat berkomunikasi dengan
komputer. Konsentrasi ilmu ini adalah interaksi antara komputer dengan bahasa
natural yang digunakan manusia, yakni bagaimana komputer melakukan ekstraksi
informasi dari input yang berupa natural language dan atau menghasilkan output
yang juga berupa natural language, misalnya pada system Automated online
assistant seperti gambar 1.3 dan deteksi email spam yang cerdas
Computer Vision


Cabang
ilmu ini erat kaitannya dengan pembangunan arti/makna dari image ke obyek
secara fisik. Yang dibutuhkan didalamnya adalah metode-metode untuk memperoleh,
melakukan proses, menganalisa dan memahami image. Apabila cabang ilmu ini
dikombinasikan dengan Artificial Intelligence secara umum akan mampu
menghasilkan sebuah visual intelligence system. Akuisisi dan pemrosesan
informasi berupa vision dapat ditampilkan pada gambar 1.4
Robotika dan Sistem Navigasi

Bidang ilmu inilah yang
mempelajari bagaimana merancang robot yang berguna bagi industry dan mampu
membantu manusia, bahkan yang nantinya bisa menggantikan fungsi manusia. Robot
mampu melakukan beberapa task dengan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Untuk melakukan hal tersebut, robot diperlengkapi dengan actuator seperti
lengan, roda, kaki, dll. Kemudian, robot juga diperlengkapi dengan sensor, yang
memampukan mereka untuk menerima dan bereaksi terhadap environment mereka
Al-Jajari (1136-1206) seorang ilmuwan Islam pada dinasti Artuqid yang dianggap
pertama kali menciptakan robot humanoid dimana berfungsi sebagai 4 musisi,
hebat kan? Bahkan pada tahun 1796 sudah dihasilkan boneka mekanik bernama
Karakuri yang mampu menuangkan air teh atau menulis karakter Kanji yang dibuat
oleh Hisashige Tanaka.
Komentar
Posting Komentar